27 Maret 2008

Afrika Kembali Gelar Reli Dakar?


Paris - Harapan untuk kembali menggelar Reli Dakar di Afrika terbuka lagi. Pihak penyelenggara berharap dapat menggelar Reli Dakar di Afrika pada 2012.

Afrika tahun ini batal untuk menggelar kompetisi reli untuk mobil, truk dan motor karena ancaman teroris. Sedangkan Argentina dan juga Chile ditunjuk menggelar reli tersebut pada 3 hingga 18 Januari 2009 menyusul pembatalan event tersebut.

Meski demikian, reli terberat di dunia ini tidak akan lama -lama jauh dari Afrika. Pemilik Amaury Sports Organization, Patrice Clerc mengungkapkan bahwa reli tersebut akan kembali ke Afrika setelah faktor keamanan sudah tak dikhawatirkan lagi.

"Kami benar -benar tergantung atas situasi geopolitik di sana. Saya tidak tahu jika akan diizinkan bagi kami untuk kembali menggelar reli ini menjelang 2011 atau 2012," ungkap Clerc seperti dilansir BBC Sport.

Reli Dakar 2008 dibatalkan 24 jam sebelum start pada Februari lalu dengan alasan keamanan. Sebelumnya militan Al-Qaida membunuh satu keluarga dari Prancis di Mauritania pada 24 Desember lalu dimana delapan dari 15 stage digelar disitu.

Akhirnya pada 2009, reli dipindahkan ke Argentina dan Cile. Ini untuk pertama kalinya dalam 30 tahun sejarah reli tidak dilakukan di rute yang telah menjadi tradisi reli Dakar ini
(Sumber: detik.com)

Tidak ada komentar: